Raih Juara di Tingkat Provinsi Sulut dalam Lomba Budaya, Pelajar SMA Negeri I Molibagu Terima Penghargaan dari Bupati Bolsel

BOLSEL, FINews.id- Prestasi gemilang ditorehkan pelajar SMA Negeri I Molibagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Safrudin Sulaeman.

Pelajar 17 tahun ini berhasil meraih Juara II dalam kategori “Tradisi Lisan Lomba Simak Budaya Torang”, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut beberapa waktu lalu.

Safrudin dinilai oleh juri, sangat cakap dalam membawakan cerita Rakyat (Komponen tradisi lisan) berjudul Batu Hua-hua.

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, atas prestasi putra daerah tersebut diapresiasi.

“Apresiasi bagi Safruddin. Prestasi ini merupakan suatu kebanggaan, sekaligus membuktikan bahwa Kebudayaan di Bolsel sangat layak untuk mendapat perhatian,” ucap Bupati sambil menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Safrudin atas nama Pemerintah kabupaten Bolsel.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Wahyudin Kadullah yang turut hadir dalam pemberian Piagam Penghargaan tersebut mengatakan bahwa, pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan materi lomba tradisi lisan ini.

“Cerita rakyat yang disadur langsung dari Bapak Djemi Marwan ini dipilih karena dinilai cukup representatif untuk mewakili Bolsel, baik dari segi jalan cerita, maupun durasi recite-nya,” singkat Kadullah.

Untuk diketahui, selain Lomba Tradisi Lisan, ada juga 2 item lain yang dilombakan dalam acara Simak Budaya Torang ini, yakni Apresiasi Desa Budaya, dan juga Lomba Kolintang. Sedangkan menurut juri, cerita Rakyat Batu Hua hua sangat unik, dan memiliki muatan nilai yang tinggi dari segi bahasa dan hikayatnya.(nd)

Komentar Facebook