Antisipasi Bencana Alam, Pemkot Kotamobagu Gelar Apel Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan menghadapi bencana merupakan langkah meningkatkan kewaspadaan dengan menyiapkan langkah-langkah antisipasi yang tepat dan cepat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya berbagai macam bencana alam perlu dilakukan dalam meminimalisir korban jiwa maupun harta jika nanti terjadi bencana alam.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Sande Dodo saat membacakan sambutan Wali Kota Kota Kotamobagu Tatong Bara pada apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam bertepatan dengan hari kesiapsiagaan bencana, Senin 26 April 2021.

(dok. Foto Istimewa)

(dok. Foto Istimewa)

Lanjut dia salah satu upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah saat ini dengan melakukan mitigasi atau serangkaian upaya untuk dapat menguragi risiko bencana.

“Adapun upaya yang dilakukan pemkot, baik melalui pembangunan fisik, maupun melalui berbagai upaya peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana. Termasuk juga memberikan edukasi kepada masyarakaat tentang betapa pentingnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi bencana.” lagi kata Sande.

(dok. Foto Istimewa)

(dok. Foto Istimewa)

Apalagi saat ini kata dia, masyarakat sedang menghadapi potensi cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi di wilayah Kotamobagu. Maka pemerintah daerah harus melakukan upaya dalam menghadapi bencana alam nantinya.

“Untuk itu, pemkot siap bila mana terjadi bencana alam di Kotamobagu. Dalam hal ini kami turut berkoordinasi dengan Dinas penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos), Kesatuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas perhubungan (Dishub), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), kemudian dari instansi vertikal yakni Polres dan Kodim,” tandas Sande.(advertorial)

 

Komentar Facebook