Kotamobagu Masuk 8 Besar Daerah dengan Perkembangan ICT Paling Potensial

KOTAMOBAGU, FINews.id – Dirilis dari Lokadata.id, Kota Kotamobagu masuk dalam 8 besar daerah dengan perkembangan ICT (Informasi and Communication Technologi) paling potensial untuk menggelar sektor usaha bernilai triliunan rupiah.

Lokadata.id merils Kota Kotamobagu rata-rata pertumbuhan sektor ini mencapai 9,2 persen. PDRB wilayah tumbuh 6,7 persen. Dengan porsi ICT terhadap PDRB hanya 2,5 persen, sektor ini masih menjanjikan ruang perkembangan yang memadai. Pada 2019, nilai ekonominya Rp68 miliar.

Masuknya Kota Kotamobagu dalam perkembangan ICT tentunya tidak lepas dari peran pemerintah kota (Pemkot).

“Komitmen Pemerintah Kota Kotamobagu tentunya untuk terus membangun dan memperluas cakupan infrastruktur TIK, serta dukungan untuk peningkatan layanan publik berbasis ICT,” kata Fahri Damopolii, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kotamobagu.

Fahri menjelaskan, hal itu sudah menjadi komitmen pemerintah Kota Kotamobagu untuk membuka ruang terhadap perkembangan sektor ini serta merupakan peran strategis, tambah dia.

Apalagi menurutnya, sektor ini memang tergolong sektor yang menjanjikan.

“Sektor ini memang menjanjikan, karena bisa beradaptasi langsung dengan kebutuhan atau keinginan masyarakat, terutama kebutuhan berbagai layanan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan teknologi yang perkembangannya sangat pesat dan sangat memudahkan berbagai aktivitas masyarakat,” jelas Fahri, Senin (18/1).

Untuk diketahui, masuknya Kota Kotamobagu setelah melewati tiga tahap, yaitu, menyaring wilayah yang dalam sembilan tahun terakhir (2011-2019) tumbuh di atas kinerja ekonomi nasional (di atas 5,74 persen per tahun). Kedua, sektor ICT tumbuh di atas pertumbuhan rata-rata sektor ICT nasional (di atas 8,1 persen per tahun). Ketiga, dalam periode yang sama, kontribusi sektor usaha ICT di masing-masing wilayah maksimal 3,4 persen. Jika kontribusinya di bawah ambang batas itu, berarti peluangnya untuk berkembang masih terbuka lebar.

Dari tahapan tersebut ditemukan 59 kabupaten/kota yang memiliki kinerja sektor ICT cukup menjanjikan.

Lokadata.id kemudian mengombinasikan hasil analisis ini dengan peringkat index booming cities terbaik, untuk menemukan wilayah dengan ukuran dan kinerja ekonomi terbaik, kondisi finansial mumpuni serta beban sosial yang terkelola dengan baik. Melalui pendekatan tersebut, Lokadata.id menemukan delapan wilayah kabupaten/kota potensial untuk pengembangan usaha ICT.

Ke delapan daerah ini terletak di enam provinsi, yaitu, Kota Pekan Baru Riau, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kota Depok, Jawa Barat, Kota Cilegon, Banten, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.(nd)

 

Komentar Facebook